Selasa, 27 Mei 2014

Perbedaan Vena dan Arteri


Perbedaan Vena dan Arteri
1.      Arteri
·         Fungsi arteri adalah untuk mentrasfor darah dibawah tekanan tinggi ke jaringan. Karena alasan ini arteri mempunyai dinding vaskuler yang kuat, dan darah mengalir dengan cepat di arteri.Sehingga apabila kita mengambil darah maka dengan dendirinya dara akan naik sendiri ke spuit tanpa ditarik, hal ini karna tekanan arteri yang kuat.
·         Arteriola merupakan cabang-cabang kecil terakhir dari arteri, dan fungsinya sebagai katup kendali dimana darah dikeluarkan dedalam kapiler. Arteriola mempunyai dinding otot yang kuat yang mampu menutup arteriol sama sekali atau memungkinkannya untuk melakukan dilatasi berapa kali lipat, jadi mempunyai kemampuan untuk mengubah aliran darah kekapiler sebagai responnya terhadap jaringan.
·         Artei terbesar dalam tubuh adalah aorta, aorta membawa darah keluar dari ventrikel kiri keseluruh tubuh.
·         Lapisan otot arteri lebih tebal dari pada lapisan otot vena karena lapisan otot yang tebal pada dinding arteri mempunyai peran penting dalam menjaga tekanana darah dan aliran darah dalam tubuh. Sehingga apabila kita mengambil drah kita harus menusukkan spuit lebih dalam dari pada mengambil drah vena.Arteri lebih tidak terlihat tetapi teraba denyutannya.
·         Arteri berisi darah bersih yang kaya akan 02 sehingga warnanya akan lebih merah muda, dan sering digunakan untuk pemeriksaan AGD ( Analisa Gas Darah ), untuk menentukan kadar 02 dalam darah.
 
2. Vena
·         Vena berfungsi sebagai saluran penampung guna mengangkut darah dari jaringan kembali kejantung, tetapi sama pentingnya, vena bertindak sebagai penampung utama darah. Karena tekanan di sistem vena sangat rendah, dinding vena sangat tipis. Meskipun demikian, dindingnya mempunyai otot dan ini menyebabkan vena dapat berkontriksi atau meluas dan dengan demikian bertindak sebagai penampung darah ekstra yang dapat dikendalikan, bergantung pada kebutuhan tubuh.
·         Venula adalah cabang dari vena yang berfungsi mengumpulkan darah dari kapiler, secara bertahap bergabung menjadi vena yang semakin besar.
·         Vena terbesar adalah vena cava superior dan vena cava inferior, yang membaw aliran balik menuju atrium kanan sesudah darah disirkulasikan ke seluruh tubuh.
·         Otot yang melapisi Vena lebih tipis dari otot yang melapisi arteri sehingga vena lebih terlihat dari pada arteri, tetapi vena tidak teraba denyutan seperti arteri . 

Vena membawa darah kotor yang kaya akan CO2 dari seluruh tubuh ke atrium kanan, sehingga warna darah  vena akan lebih pekat atau merah tua dari pada darah arteri. Darah vena biasanya diambil untuk berbagai pemerikasaan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar